kursus komputer

Advertorial

WiFi Perpustakaan, Inovasi Terkini PKN STAN

Ruang Baca Perpustakaan PKN STAN / Doc. Media Center

Bintaro—Di zaman yang kian maju ini, arus informasi beredar dengan sangat cepat. Salah satu sumber informasi bagi mahasiswa PKN STAN adalah buku-buku perpustakaan yang terletak di Gedung P. Selain bersumber dari buku, informasi juga dapat diperoleh melalui internet. Untuk dapat mengaksesnya, kita membutuhkan paket data atau yang biasa disebut dengan kuota. Bagi mahasiswa yang tidak memiliki kuota, WiFi bisa menjadi salah satu alternatif.

Wireless Fidelity atau yang lebih sering disingkat WiFi adalah teknologi wireless atau nirkabel yang memiliki kemampuan penyedia akses internet dengan bandwidth besar, hingga 11 Mbps (pada standar 802.11b). Sebagai bentuk apresiasi kepada para pustaka—sebutan untuk pengunjung setia perpustakaan—, Perpustakaan PKN STAN menyediakan WiFi gratis yang bisa diakses oleh mereka. “Saya ingin perpustakaan bisa dijadikan tempat untuk nongkrong mahasiswa. Dengan menyediakan WiFi, diharapkan mahasiswa bisa lebih mudah dalam mencari informasi via online dengan membuka jurnal ataupun yang lain,” ungkap Ambang Aries Yudanto selaku Kepala Unit Perpustakaan PKN STAN. WiFi tersebut diperuntukkan bagi 300 pendaftar pertama sejak tanggal 2 Desember 2016. Mahasiswa yang ingin mendaftar dapat mengisi formulir pendaftaran yang disediakan di Kantor Unit Perpustakaan. Pengambilan formulir tersebut tidak dapat diwakilkan.

Mengapa kuota terbatas untuk 300 orang saja? Hal tersebut berkaitan dengan peralatan yang hanya memadai untuk jumlah orang tersebut. Selain itu, perpustakaan hanya merupakan pilot project atau tempat uji coba penggunaan fasilitas WiFi sebagai bentuk kerja sama perpustakaan dengan pihak Sistem Informasi (SI) PKN STAN. “Karena fasilitas ini masih sekadar uji coba. Maka dari itu, jika ada keluhan atau saran terkait WiFi ini, bisa disampaikan ke bagian Sistem Informasi di Gedung A, di lantai 2,” tutur Ambang.

Hal serupa diutarakan Shirlee Marbun selaku staf SI, “Ada rencana untuk mengadakan WiFi di seluruh area kampus. Namun untuk itu, kami perlu melakukan uji coba, salah satunya dengan pengadaan WiFi di perpustakaan ini. Nanti akan kami lihat respon dari para penggunanya melalui kuesioner yang kami bagikan. Batas uji coba ini adalah tanggal 31 Desember dan nantinya kuesioner itu menjadi bahan evaluasi kami.” Pemasangan WiFi di seluruh area kampus masih belum dapat dipastikan waktunya karena membutuhkan proses dan memiliki keterkaitan erat dengan bagaimana pemeliharaannya.

Fasilitas WiFi baru ini juga merupakan bentuk perbaikan WiFi tahun lalu. WiFi tahun lalu yang bersifat umum dan memiliki banyak pengguna menyebabkan internet tidak berjalan lancar dan sulit melakukan koneksi karena jaringan yang tidak stabil. “WiFi-nya memang nggak secepat di rumah, sih, tapi nggak terlalu lambat juga. Mungkin karena penggunanya juga banyak,” tutur Mawar, salah satu pengguna free WiFi perpustakaan.

“Semoga dengan adanya WiFi ini, mahasiswa PKN STAN lebih nyaman untuk mengerjakan tugas di perpustakaan karena referensi tidak terbatas hanya dalam bentuk cetak saja, namun juga dapat dicari di internet. Kritik dan saran dari mahasiswa sangat kami butuhkan sebagai bentuk partisipasi mereka untuk membuat PKN STAN yang lebih baik” harap Ambang.

[Kontributor]

Nama:
Email:
Komentar:
   
Catatan : Gunakan bahasa indonesia yang baik dan benar, jangan menggunakan terlalu banyak singkatan seperti SMS. Setiap komentar memerlukan persetujuan moderator.

Kirim Komentar Anda

berikut ini adalah kumpulan komentar dari artikel ini
 
Xtd3c7QcRDF
2017-04-01 - 22:46:51
If not for your writing this topic could be very coelnvutod and oblique.

Media Center STAN