kursus komputer

Advertorial

Sinergi Mahasiswa, Alumni, dan Masyarakat melalui Acara Sosial

Advertorial | Senin, 19 Desember 2016, 10:33:33

Acara Sosial / Doc. Media Center

Sebagai bagian dari civitas akademika Indonesia, PKN STAN berkewajiban untuk menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Acara sosial bertemakan “Menebar Kepedulian dan Kemurahan Hati untuk Menolong Terhadap Sesama” merupakan manifestasi nyata mahasiswa PKN STAN berlandaskan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ketiga, yakni pengabdian masyarakat. Kegiatan positif ini merupakan kolaborasi antara HMI (Himpunan Mahasiswa Islam), Bambu Pelangi, KSR Unit PMI PKN STAN dan Fastpro (Forum Alumni STAN Prodip). Dalam acara ini, turut hadir Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, dan perwakilan dari Fastpro, Mukhamad Misbakhun. Bertempat di Lapangan Haji Sarmili, Kecamatan Pondok Aren, acara ini dimulai pukul 08.00-16.00 WIB.

Acara dimulai dengan sambutan dari Ibu Airin dan dilanjutkan dengan sambutan Mukhamad Misbakhun. Kehadiran Ibu Airin diharapkan mampu menginspirasi terutama mahasiswa sebagai figur anak muda yang tampil sebagai tokoh dalam era persaingan demokrasi yang begitu ketat.

“Mahasiswa STAN sebagai calon-calon anak bangsa yang kelak akan mengabdi pada negara harus bisa menumbuhkan karya nyata pada masyarakat dan lingkungan sekitar, karena pada puncaknya abdi pada negara adalah menjadi pelayan masyarakat,” ujar Airin.

Setelah peresmian pembukaan acara dengan penyerahan secara simbolik sembako dan tempat sampah kepada Lurah Pondok Aren, acara ini dilanjutkan dengan pembagian sembako, medical check-up, penyuluhan gizi balita, dan pembagian tempat sampah. Sebanyak 250 paket sembako dibagikan kepada masyarakat yang telah memiliki kupon yang sebelumnya telah didistruibusikan baik secara langsung maupun melalui ketua RT setempat. Tampak riuh dan antusiasme masyarakat untuk mengikuti rangkaian acara sosial ini. Berdasarkan wawancara bersama Misbakhun, kegiatan-kegiatan positif seperti ini akan lebih sering digalakkan dengan volume paket sembako yang lebih banyak, kegiatan yang lebih variatif seperti misalnya sunatan massal, dan keterlibatan mahasiswa yang lebih banyak lagi.

“Forum alumni akan secara terbuka menjadi wadah mahasiswa untuk memberi kontribusi positif pada lingkungan. Meniti karir di birokrat harus tahu kondisi masyarakat. Jangan sampai gagap sosial dan tidak tahu bagaimana bersentuhan langsung dengan masyarakat” ujar Misbakhun.

Acara sosial yang diadakan di luar kampus ini diharapkan mampu menjembatani secara langsung mahasiswa PKN STAN dengan masyarakat sekitarnya. Dengan jembatan sosial ini, ekslusifitas kampus harus diredam agar ada upaya menyatu dengan lingkungan. Sentuhan-sentuhan awal melalui kegiatan positif seperti acara sosial ini juga diharapkan mampu membangun karakter mahasiswa dalam urgensinya menjadi pemimpin bangsa di masa depan.

 

[Annisa Dwi Aprilia]

Nama:
Email:
Komentar:
   
Catatan : Gunakan bahasa indonesia yang baik dan benar, jangan menggunakan terlalu banyak singkatan seperti SMS. Setiap komentar memerlukan persetujuan moderator.

Kirim Komentar Anda

berikut ini adalah kumpulan komentar dari artikel ini

Media Center STAN