kursus komputer

News

Perubahan Kaldik, Bagian dari Transformasi

Perubahan Kaldik/Doc. www.stan.ac.id

Tahun 2016 disebut-sebut sebagai tahun transformasi untuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Kampus yang berganti label menjadi PKN STAN ini tengah giat merenovasi sana sini. Belum lama, yang berubah adalah kalender akademik (kaldik). Perpanjangan waktu libur dan penghapusan (sementara) Pekan Mahasiswa (Pekma) menjadi poin utama perubahan kaldik semester genap ini. 

 

Perubahan STAN menjadi Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN merupakan transformasi yang secara signifikan mengubah banyak aspek di kampus eks-STAN ini. Perubahan yang tertangkap sampai hari ini, misalnya perubahan struktur kepengurusan, persiapan perkuliahan semester genap yang lebih baik, pengkajian ulang kurikulum dan proses kelulusan, dan penataan keorganisasian. Transformasi juga menyentuh bidang akademik di kampus. Terbukti dengan adanya perubahan kaldik. Perubahan kaldik ini ditujukan untuk mempersiapkan kaldik tahun ajaran berikutnya yang akan disamakan dengan pendidikan perguruan tinggi pada umumnya. Chairul Denyl Setiawan selaku Kepala Bidang Akademik yang ditemui pada Selasa (02-02-16) menuturkan bahwa ada dua perubahan pada kaldik baru. Kedua perubahan tersebut adalah penggeseran jadwal masuk semester genap selama seminggu kebelakang untuk semua mahasiswa terkecuali tingkat tiga dan penghapusan Pekma semester genap.

Perubahan kaldik secara menyeluruh mencakup juga semua daerah belajar PKN STAN, yaitu Balai Diklat Keuangan di seluruh Indonesia. Sosialisasi terkait perubahan kaldik juga akan terus dilakukan untuk menghindari miskonsepsi dan menjamin informasi tersampaikan secara utuh karena tujuan perubahan kaldik nampaknya belum dipahami oleh semua mahasiswa. Informasi yang tersebar (baru) berasal dari laman (dropbox) yang menautkan Surat Keterangan (SK) perubahan kaldik tersebut. Sedangkan tambahan informasi terkait penyebab dan dampak perubahan kaldik tidak tertera.

 Menurut Ketua Angkatan PBB/Penilai 2015, Oktova Nur Aji S, informasi tentang perubahan kaldik ini tidak cukup jika dipublikasikan melalui website saja.  Kaldik baru yang disahkan oleh Bidang Akademik telah dipublikasikan pada hari Selasa (02-02-16) silam. Okto mengaku tidak mempermasalahkan adanya perubahan kaldik, karena keputusan lembaga tentu sudah melalui banyak pertimbangan. Namun ia menyayangkan Pekma yang menjadi ajang mengasah kemampuan olahraga dan seni mahasiswa untuk tahun ini dihapuskan.

Penggeseran jadwal masuk semester genap seminggu ke belakang,  yang semula direncanakan tanggal 14 Maret 2016 menjadi 21 Maret 2016, berlaku untuk mahasiswa tingkat satu dan dua. Sedangkan untuk mahasiswa tingkat akhir, jeda satu minggu tersebut akan dialokasikan untuk sosialisasi terkait Karya Tulis Tugas Akhir (KTTA). Ketua Angkatan Akuntansi 2013, Danan Widayat, menuturkan bahwa ia sudah mendapatkan informasi mengenai perubahan kaldik dan agenda Lembaga untuk mahasiswa tingkat akhir. Danan juga mengonfirmasi bahwa mahasiswa tingkat akhir tidak terlalu mempermasalahkan tambahan libur untuk tingkat satu dan dua. “Kita juga ‘kan udah tingkat tiga. Jadi ya (kita) udah paham kalau agenda kita lebih padat daripada teman-teman tingkat satu dan dua”, ungkap Danan.

 

 

(Yasmin Amini/Mutiarani Mahdania)

Nama:
Email:
Komentar:
   
Catatan : Gunakan bahasa indonesia yang baik dan benar, jangan menggunakan terlalu banyak singkatan seperti SMS. Setiap komentar memerlukan persetujuan moderator.

Kirim Komentar Anda

berikut ini adalah kumpulan komentar dari artikel ini

Media Center STAN