kursus komputer

News

Pasangan Calon Tunggal di Pemilihan Raya 2016

News | Kamis, 17 November 2016, 20:14:00

Ilustrasi / Dok. krjogja.com

Tanggal 21 November 2016 akan menjadi sejarah baru bagi mahasiswa PKN STAN. Pasalnya pada hari tersebut seluruh civitas akademika PKN STAN akan memilih Presiden Mahasiswa (Presma) dan Wakil Presiden Mahasiswa (Wapresma), ketua masing-masing Himpunan Mahasiswa Jurusan, serta para wakil mahasiswa yang akan duduk di kursi legislatif untuk periode satu tahun ke depan melalui Pemilihan Raya (Pemira) 2016.

Hal yang menjadi sorotan pada perjalanan menuju kekuasaan ini adalah mundurnya salah satu pasangan calon pemimpin Himpunan Mahasiswa Akuntansi (Himas). Frans-Gandhi menyatakan mundur dari pencalonannya sebagai ketua dan wakil ketua Himas. Saat diwawancarai, pihak Frans-Gandhi meminta maaf kepada panitia Pemira juga kepada seluruh mahasiswa akuntansi atas pengunduran diri mereka dalam Pemira kali ini.

Meskipun Maldin-Ilmy menjadi satu-satunya pasangan calon ketua dan wakil ketua Himas, namun tidak serta-merta mereka memenangkan Pemira. “Terkait calon ketua Himas, mereka tidak menang secara aklamasi, melainkan mereka harus menang melawan kertas kosong untuk menjadi pemenang di Pemira,” tutur salah satu panitia Pemira.

Maksud dari melawan kertas kosong adalah mahasiswa khususnya jurusan akuntansi akan dihadapkan oleh kertas suara berisikan dua kolom; satu kolom untuk pasangan Maldin-Ilmy dan satunya adalah kolom kosong. Di sini pemilih berhak memilih pasangan Maldin-Ilmy jika dianggap layak untuk memimpin Himas, atau memilih kertas kosong jika dianggap pasangan yang ada tidak layak dalam memimpin Himas. Maldin-Ilmy akan menjadi pemenang apabila perolehan suara mereka mengungguli perolehan suara kertas kosong. Sebaliknya apabila perolehan suara kertas kosong melebihi suara Maldin-Ilmy, maka akan terjadi kekosongan kekuasaan di dalam Himas.

Terlepas dari dinamika yang ada, mahasiswa dihimbau untuk tidak golput. Gunakan hak suara yang ada karena berdiam diri bukanlah jawaban dari suatu perubahan, yang ada mahasiswa tidak akan bergerak ke mana-mana.

[Nudy Istifa N]

Nama:
Email:
Komentar:
   
Catatan : Gunakan bahasa indonesia yang baik dan benar, jangan menggunakan terlalu banyak singkatan seperti SMS. Setiap komentar memerlukan persetujuan moderator.

Kirim Komentar Anda

berikut ini adalah kumpulan komentar dari artikel ini

Media Center STAN