kursus komputer

Advertorial

Menyambut Pekan Mahasiswa VI

Advertorial | Senin, 19 Desember 2016, 10:37:13

Poster PEKMA VI / Doc. Media Center

Selasa (7/12), Pekan Mahasiswa (Pekma) adalah sebuah acara yang berguna sebagai wadah bagi mahasiswa Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) untuk menyalurkan minat dan bakatnya. Selain itu, Pekma juga merupakan tempat untuk berinteraksi dan memperkuat kekompakan mahasiswa antarjurusan di PKN STAN.

Pada semester lalu penyelenggaraan Pekma ditiadakan. Hal ini dikarenakan kalender akademik yang padat sehingga tidak ada waktu untuk menyelipkan Pekma. Padahal sebelumnya penyelenggaraan Pekma dilakukan rutin setiap semester. Pekma VI itu sendiri akan diadakan di waktu liburan tepatnya di minggu terakhir. Alasannya adalah karena pihak lembaga tidak ingin mencampuradukkan kegiatan akademis dan non-akademis, sehingga dapat dipastikan bahwa penyelenggaraan Pekma VI tidak akan mengganggu kegiatan perkuliahan mahasiswa. Randy Nahendratama selaku Koordinator Pelaksana (Korlak) Pekma VI juga memastikan bahwa tidak ada paksaan dari pihak panitia maupun lembaga kepada mahasiswa untuk mengikuti Pekma. Namun, Randy menambahkan bahwa mahasiswa PKN STAN harus pintar memilih antara liburan dan ikut berpartisipasi menyalurkan bakatnya di Pekma VI. “Mana sih yang lebih penting antara libur atau menyalurkan bakatnya di kampus,” jawab Randy saat ditanya tentang keharusan mengikuti Pekma.

Terkait penyelenggaraan, panitia Pekma VI mengalami tantangan yang lebih besar dibandingkan dengan Pekma sebelumnya. Pasalnya, Pekma VI ini akan diadakan sewaktu liburan sehingga kebanyakan mahasiswa masih berada di rumah mereka masing-masing. Oleh karena itu, untuk menarik minat mahasiswa, Randy telah melakukan hearing dengan Ketua bidang Pemuda dan Olahraga setiap Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). Randy menghimbau agar ketua bidang Pemuda dan Olahraga HMJ masing-masing dapat menarik minat mahasiswa setiap jurusan dalam berpartisipasi di Pekma VI. Randy juga menginginkan agar setiap jurusan mempunyai program-program yang dapat mengajak mahasiswa untuk mendukung jurusannya masing-masing. “Dukungan ini berguna untuk membangkitkan api semangat masing-masing jurusan,” kata Randy. Selain itu, tantangan lain bagi panitia adalah dalam hal memfasilitasi para peserta agar merasa puas dengan lomba yang mereka ikuti.

Saat ditanya tentang penting atau tidaknya Pekma, Randy menegaskan bahwa Pekma itu sangat penting. Menurut Randy, terdapat berbagai alasan mengapa Pekma itu penting. Pertama, Pekma merupakan sarana untuk mempersatukan mahasiswa antarjurusan dan membuat kehidupan di kampus lebih hidup. Kedua, sebagai upaya untuk menyegarkan kembali pikiran mahasiswa. Ketiga, Pekma dapat membuat mahasiswa kembali berlatih untuk mengasah kemampuan mereka di bidangnya masing-masing.

[Kontributor]

Nama:
Email:
Komentar:
   
Catatan : Gunakan bahasa indonesia yang baik dan benar, jangan menggunakan terlalu banyak singkatan seperti SMS. Setiap komentar memerlukan persetujuan moderator.

Kirim Komentar Anda

berikut ini adalah kumpulan komentar dari artikel ini

Media Center STAN