kursus komputer

Advertorial

Jelajah Budaya

Ambassador of Indonesian Culture and Tourism (AICT) turut serta dalam melakukan langkah nyata untuk melestarikan kebudayaan Indonesia dengan mencatatkan budaya Indonesia kepada Pemerintah serta melakukan pendaftaran data budaya Indonesia ke UNESCO. Sebelum melakukan pelestarian dengan mendata, kami perlu menyadarkan masyarakat untuk mengenali dan mencintai budaya Indonesia. Menyadarkan masyarakat merupakan bentuk peran aktif yang harus dilakukan bersama antara pemerintah dan stakeholders. Setelah mengenali, mencatat, dan mendata, kita akan lebih mudah melakukan promosi budaya kepada negara lain sehingga akan terlihat jelas jati diri bangsa Indonesia yang kuat karena berakar terhadap budaya bangsanya.

Oleh karena itu, AICT melakukan serangkaian Acara yang bertema “Jelajah Budaya”. Acara ini dilaksanakan dengan mengunjungi kampus Universitas Indonesia pada Jumat, 27 November 2015 (Road to Campus). Road to Campus terdiri dari kompetisi, bazar/exhibition, dan talkshow.

Kompetisi terdiri dari Kompetisi Film Pendek dan Desain Produk Kreatif. Kompetisi Film Pendek mengambil tema Pesona Budaya Indonesia. Masyarakat umum baik dari kalangan pelajar, mahasiswa, dan komunitas ditantang untuk membuat potret dari keragaman budaya di Indonesia melalui sebuah film. Dengan durasi 10-15 menit,
diharapkan muncul kemajemukan identitas lokal yang kian hari makin ditinggalkan. Kompetisi Desain Produk Kreatif muncul sebagai upaya
modernisasi produk lokal. Diharapkan peserta yang berasal dari kalangan pelajar SMA dan mahasiswa ini mampu menuangkan ide kreatif mereka dalam bentuk produk yang memiliki nilai seni dan budaya lokalitas, akan tetapi sangat relevan dengan
perubahan modern.

Untuk menambah semarak dalam kegiatan ini akan dilakukan bazar dan Pameran Budaya Indonesia. Bazar akan diisi oleh seluruh masyarakat umum, sponsor, ataupun Dinas Pemerintah terkait yang memiliki antusias dalam mempromosikan budaya Indonesia. Selain itu, bazar juga memberikan kesempatan kepada penggiat industri kreatif dalam bidang kebudayaan untuk ikut terlibat dalam mempromosikan budaya kepada masyarakat yang memiliki pengetahuan terbatas dalam bidang kebudayaan. Selain bazar, kami juga akan membuat pameran foto tentang budaya Indonesia.

Talkshow merupakan langkah awal kerjasama yang dilakukan oleh pemerintah dan stakeholders dalam bidang Kebudayaan (AICT). Input nyata yang akan dicapai adalah dilakukannya gerakan Pencatatan Budaya Indonesia langsung dari masyarakat melalui website resmi pemerintah, yaitu www.budaya.org. Selain input nyata, akan diadakan pula Pemutaran Film Pendek yang akan menampilkan pemenang terbaik dalam lomba yang telah kami lakukan sebelumnya, yaitu Kompetisi Film Pendek, serta akan ada Pentas Seni Kebudayaan yang akan ditampilkan pada awal dan akhir acara talkshow sebagai hiburan yang sarat akan budaya Indonesia yang diadakan untuk memperkenalkan dan menumbuhkan rasa cinta terhadap kebudayaan Indonesia.

Nama:
Email:
Komentar:
   
Catatan : Gunakan bahasa indonesia yang baik dan benar, jangan menggunakan terlalu banyak singkatan seperti SMS. Setiap komentar memerlukan persetujuan moderator.

Kirim Komentar Anda

berikut ini adalah kumpulan komentar dari artikel ini
 
9gtep6ddx2
2016-07-29 - 12:00:23
47dmr7jko4 gzee2c1

Media Center STAN