kursus komputer

Advertorial

Donor Darah Hari Oeang, PKN STAN Kumpulkan Hampir 1500 Kantong Darah

Advertorial | Rabu, 26 Oktober 2016, 21:07:26

Donor Darah Hari Oeang di Gedung G PKN STAN / Doc. Media Center PKN STAN

Dalam menyambut Hari Oeang yang ke-70, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia menyelenggarakan donor darah serentak di setiap Eselon I. Tidak terkecuali Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) yang menyelenggarakan donor darah di kampus Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN, tepatnya di Gedung G.

Panitia penyelenggara berhasil mengumpulkan 1454 kantong darah dari target 1500 kantong darah. Donor darah dimulai pukul 08.00 WIB dan direncanakan berakhir pukul 15.00 WIB, namun diundur hingga pukul 16.00 WIB melihat masih panjangnya antrean orang yang ingin mendonorkan darahnya. Donor darah merupakan agenda rutin Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) unit PKN STAN yang direncanakan diadakan setiap tiga bulan sekali.

“Jadi, sebenarnya kami (KSR) sudah menyiapkan donor darah untuk bulan Oktober ini. Tapi kali ini bertepatan dengan Hari Oeang, jadi yang menyelenggarakan Kemenkeu. Mereka (Kemenkeu) menyediakan dana dan souvenir dalam jumlah yang lebih banyak. Biasanya donor darah yang berkoordinasi dengan lembaga hanya menargetkan sekitar 400-500 kantong darah, tapi kali ini kita menargetkan 1500 kantong darah bahkan PMI sudah menyiapkan 1900 kantong,” ungkap Wulanti Auliana Luthfi selaku Koordinator Pelaksana Donor Darah Hari Oeang.

Ada empat cabang Palang Merah Indonesia (PMI) yang berpartisipasi dalam kegiatan Donor Darah kali ini yaitu PMI Majalengka, Garut, Banjar, dan Cilegon. Wulan mengatakan bahwa panitia telah menghubungi PMI-PMI di Jabodetabek dan sekitarnya, tetapi empat cabang PMI tersebutlah yang menyanggupi dan memang membutuhkan stok darah terutama PMI Garut yang kebutuhan darahnya selalu tinggi.

Meskipun diselenggarakan kurang dari satu minggu menjelang Ujian Tengah Semester (UTS), namun antusiasme civitas akademika kampus PKN STAN cukup tinggi dibuktikan dengan jumlah pendaftar donor darah yang mencapai lebih dari 2000 pendaftar. Tidak hanya mahasiswa yang ramai berbondong-bondong datang memenuhi Gedung G, terlihat juga dosen, karyawan, satpam, dan petugas kebersihan serta masyarakat umum pun terlihat berpartisipasi. Wulan mengakui ada sedikit kendala bagi mahasiswa yang ingin mendonorkan darahnya yaitu padatnya jadwal kuliah di minggu terakhir sebelum UTS ini. Hal ini menyebabkan banyak mahasiswa yang meninggalkan antrean setelah mendaftar.

“Donor darah kali ini rame banget, antrenya cukup lama dan cukup menyusahkan juga bagi yang jadwal kuliahnya penuh seperti kelas kami,” ujar Kiram Bararah, mahasiswi PKN STAN tingkat 3 yang mengikuti kegiatan Donor Darah.

[Rossa Kurnia Sasongko]

Nama:
Email:
Komentar:
   
Catatan : Gunakan bahasa indonesia yang baik dan benar, jangan menggunakan terlalu banyak singkatan seperti SMS. Setiap komentar memerlukan persetujuan moderator.

Kirim Komentar Anda

berikut ini adalah kumpulan komentar dari artikel ini

Media Center STAN